Breaking

LightBlog

Kamis, 03 September 2015

Syarat Tumbuh Tanaman Durian

 Syarat Tumbuh Durian


Sebelum kita menanam bibit durian unggul seperti bibit durian montong, bibit durian bawor, bibit durian musang king dana lainnya, ada beberapa prasyarat yang mesti dipenuhi bagi pembudidaya durian yang ingin sukses nantinya. Apa sajakah syarat tumbuh tanaman durian itu? Berikut ulasannya

1.      Iklim.


Durian cocok dengan iklim curah hujan antara 3000-3500 mm/tahun dan bisa hidup minimal 1500-3000 mm/ tahun. Curah hujan merata setiap tahun dengan kemarau 1-2 bulan sebelum berbunga lebih baik daripada hujan yang terus menerus.

Kemudian intensitas cahaya matahari yang dibutuhkan durian adalah 60-80 persen. Sewaktu masih kecil(baru dtitanam di kebun), tanaman durian tidak tahan terik matahari di musim kemarau sehingga bibit durian harus dinaungi atau dilindungi supaya bertahan dan berkembang dengan baik.

Selanjutnya tanaman durian cocok pada suhu rata rata 20-30 derajat C. Nah, pada suhu 15 derajat C durian dapat tumbuh tetapi pertumbuhannya tidak optimal. Namun, sebaliknya, bila suhu terlalu panas, yakni diatas 35 derajat celcius daun durian akan terbakar dan tanaman durian sulit berkembang dengan baik.
2.     

Media tanam


Tanaman durian cocok di tanah yang subur dan kaya akan bahan organik. Partikel penyusun tanah seimbang antara pasir liat dan debu sehingga mudah membentuk remah. Tanah yang cocok untuk tanaman durian adalah tanah berjenis grumosol dan ondosol. Tanah ini memiliki ciri ciri warna hitam keabu abuan kelam, struktur tanah lapisan atau berbutir, sementara bagian bawah bergumpal dan kemampuan mengikat air tinggi (Joko Susilo, 2012).

Derajat keasaman tanah yang dikehendaki tanaman durian adalah PH 5-7 dengan pH optimum 6-6,5. Kemudian tanaman durian termasuk tanaman tahunan dengan perakaran dalam, maka membutuhkan kandungan air tanah dengan kedalaman cukup (50-150 cm) dan (150 -200 cm). Jika kedalaman air tanah terlalu dangkal atau dalam, rasa buah tidak manis dan tanaman akan mudah mengering atau bahkan busuk bila selalu tergenang air.
3.      

Ketinggian Tempat



Ketinggian tempat untuk bertanam durian tidak boleh lebih dari 800 m dpt. Namun ada juga tanaman durian yang cocok ditanam di berbagai ketinggian. Tanah yang berbukit atau yang kemiringannya kurang dari 15 kurang praktis daripada lahan yang datar rata. 
bibit durian bawor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox