Breaking

LightBlog

Rabu, 02 September 2015

Cara Budidaya Durian Unggul



Cara Budidaya Durian Unggul


Persiapan

Sebelum menanam durian, tentu saja anda harus mempersiapkan lahan, pengukuran PH tanah, analisa tanah, penetapan waktu atau jadwal tanam, pengairan, penetapan luas area tanam, pengaturan volume produksi, penyiapan bibit, biaya dan lain sebagainya

Pembukaan Lahan


Pembersihan dan pengolahan lahan dilakukan beberapa minggu sebelum penanman bibit berlangsung. Batu batu besar, alang alang, batang pohon bekas tebangan dan lain sebagainya harus dibersihkan. Tujuannya tentu saja supaya lahan yang dipakai nanti tidak terganggu dan bibit durian bawor, montong, musang king, menoreh dan seterusnya yang anda tanam nanti berkembang dengan maksimal.

Pembentukan bedengan


Tanah utnuk bedengan pembesaran bibit tanaman durian harus dicangkul dahulu sedalam 30 cm hingga gembur, kemudian dicampur dengan pasir dan kompos yang sudah jadi. Untuk ukuran bedengan lebar 1 m panjang 2m diberi 5 kg pasir dan 5 kg pupuk kompos. Setelah tanah, pasir dan kompos tercampyr merata dan dibiarkan selama 1 minggu. Pada saat itu juga tanah disemprot Vapan atau Basamid untuk mencegah serangan jamur atau bakteri pembusuk jamur.

Di sekeliling bedengan, perlu dibuatkan saluran untuk penampung air. Jika bedengan sudah siap, biji yang telah tumbuh dengan akarnya tadi segera ditanam dengan jarak tanam 20 x 30 cm. Penanaman biji durian dilakukan dengan cara dibuatkan lubang tanam sebesar biji dan kedalamannya sesuai dengan panjang akar masing masing.

Setelah biji tertanam semua, bagian permukaan bedengan ditaburi pasir yang dicampur dengan tanah halus (hasil ayakan) setebal 5 cm.

Pengapuran


Keadaan tanah yang kurang subur misalnya tanah podzolik (merah kuning) dan latosol yang cenderung memiliki pH 5-6 dan penyusunannya kurang seimbang antara kandungan pasir, liat dan debu dapat diatasi dengan sistem pengapuran (dolomit). Pengapuran dapat dilakukn menjelang musim kemarau dengan kapur pertanian yang berkadar CaCO3 sampai 90 persen.
Dua sampai empat minggu sebelum pengapuran, sebaiknya tanah dipupuk dulu dan disiram 4-5 kali. Untuk mencegah kekurangan unsur MG dalam tanah sebaiknya dua minggu setelah pengapuran segera ditambahi dolomit supaya lebih maksimal.


Anda berminat budidaya durian? kami sedia bibit durian unggul meliputi bibit durian bawor, bibit durian montong, bibit durian menoreh, bibit durian musang king dan lain sebagainya. HUb 08562978531.
bibit durian montong



Baca Juga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox