Langsung ke konten utama

Persiapan Sebelum Memulai Budidaya Durian


Persiapan Sebelum Memulai Budidaya Durian


penanaman durian tentu saja membutuhkan perencanaan yang matang dan cermat. salah mengelola bisa bisa membuat tanaman durian anda gagal total alias mati atau rusak. Hal hal yang perlu diperhatikan adalah pengukuran pH tanah, analisis tanah, penetapan waktu atau jadwal tanam, pengairan, penetapan area penanaman, pengaturan volume produksi, penyiapan bibit, pupuk dan lain sebagainya.

 Pemukaan Lahan Durian


Pembersihan dan pengolahan lahan dilakukan beberapa minggu sebelum penanaman bibit durian berlangsung. Batu batu besar, alang alang, pokok pokok batang pohon sisa penebangan disingkirkan. Perlu dibersihkan dari tanaman liar, rumput yang mengganggu proses pertumbuhan.

 Pembentukan Bedengan

Tanah untuk bedengan pembesaran harus dicangkul dahulu sedalam 30 cm hingga gembur, kemudian dicampur dengan pasir dan kompos yang sudah jadi. Untuk ukuran bedengan lebar 1 m sepanjang 2 m, diberi 5 kg pasir dan 5 kg pupuk kompos. Setelah tanah, pasir dan kompos tercampur merata dan dibiarkan selama 1 minggu. Pada saat itu juga tanah disemprot Vapan atau Basamid untuk mencegah serangan jamur atau bakteri penyebab busuk jamur.
Di sekeliling bedengan, perlu dibuatkan saluran untuk penampung air. Jika bedengan sudah siap, biji yang telah tumbuh akarnya tadi segera ditanamdengan jarak tanam 20 x 30 cm. Penanaman biji durian dilakukan dengan cara dibuatkan lubang tanam sebesar biji dan kedalamannya sesuai dengan panjang akar masing masing. Setelah biji tertanam semua, bagian permukaan bedengan ditaburi pasir yang dicampur dengan tanah halus hasil ayakan setebal 5 cm.

Pengapuran Lahan Budidaya durian


Keadaan tanah yang kurang subur misalnya tanah podzik (merah kuning) dan latosol (merah-coklat-kuning), yang cenderung memilikipH 5-6 dan penyusunannya kurang seimbang antara kandungan pasir, liat dan debu dapat diatasi dengan pengapuran. Sebaiknya dilakukan menjelang musim kemarau seperti saat ini dengan kapur pertanian yang memiliki kadar CaC03 sampai 90 %. Dua sampai 4 minggu sebelum pengapuran, sebaiknya tanah dipupuk dulu dan disiram 4-5 kali. Untuk mencegah kekurangan unsur Mg dalam tanah, sebaiknya dua minggu setelah pengapuran, segera ditambahi dolomit.

Anda ingin budidaya durian? Kami sedia bibit durian unggul semacam bawor, montong, musang king, durian duri hitam, petruk dan lain sebagainya. Kami siap kirim kirim ke seluruh nusantara dan kerjasama dalam pengadaan bibit untuk budidaya durian. Hubungi sms/WA kami 087838393451. Salam sukses untuk petani durian unggul.

bibit durian



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Bibit Durian dengan Semai Batang Bawah

Cara Membuat Bibit Durian

Sejatinya, perbanyakan tanaman durian dapat dilakukan dengan dua cara; yakni secara generatif dengan menggunakan bagian tanaman (akar, batang dan daun). dan kedua adalah dengan perbanyakan vegetatif yakni berupa stek, anakan, okulasi, sambungan dan kultur jaringan.
Okulasi , sambungan stek, stek sambung mempunyai keunggulan karena dapat menggabungkan dua sifat yang diinginkan dari dua individu tanaman yang berbeda sehingga disebut juga sebagai cara perbanyakan vegetatif dengan perbaikan.

keunggulan perbanyakan vegetatif lainnya khususnya sambung pucuk pada tanaman durian adalah dapat dilakukan lebih awal pada persemaian batang bawah yang baru berumur dua bulan dengan tingkat keberhasilan sambungan tinggi, yakni sekitar 80 %. Dengan teknik sambung pucuk, para petani penangkar benih tanaman durian memperoleh mutu dalam waktu yang singkat.

Di samping itu, dengan cara seperti ini mutu genetik dapat dipertahankan  bahkan ditingkatkan dan diperoleh pohon yang dapa…

Membuat durian berbuah di luar musim

Membuat durian berbuah di luar musim
Secara umum, tanaman durian mulai berbuah di bulan Agustus sampai November. Namun, seiring perkembangan zaman, kini durian bisa dkembangkan dan dipanen tanpa mengenal musim. Anda tentu penasaran bagaimana cara membuat durian tetap berbuah, walau di luar musim? Berikut ulasannya
Pertama, cara mekanis. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh nenek moyang kita yang berkebun durian sejak lama. Pada prinsipnya, cara mekanis ini mengubah perbandingan unsur karbon dan nitrogen dalam tanaman. Nah, cara mekanis ini bisa dilakukan dengan lima cara berikut ini. Pertama, kerat. Yaitu dengan mengerat pembuluh floem (kulit pohon) secara melingkar sepanjang lingkaran pohon sampai terlihat pembuluh xylem (kayu pohon). Kedua, Pruning. Yaitu dengan memangkas daun, cabang dan ranting pohon gundul atau hanya menyisakan sedikit daun (kira kira 100 daun untuk 1 kg buah)
Ketiga, pelukaan. Yaitu dengan melukai pembuluh floem dengan benda tajam. Bentuknya bisa dengan mengerok, m…

Syarat Tumbuh Tanaman Durian

Syarat Tumbuh Durian
Sebelum kita menanam bibit durian unggul seperti bibit durian montong, bibit durian bawor, bibit durian musang king dana lainnya, ada beberapa prasyarat yang mesti dipenuhi bagi pembudidaya durian yang ingin sukses nantinya. Apa sajakah syarat tumbuh tanaman durian itu? Berikut ulasannya 1.Iklim.
Durian cocok dengan iklim curah hujan antara 3000-3500 mm/tahun dan bisa hidup minimal 1500-3000 mm/ tahun. Curah hujan merata setiap tahun dengan kemarau 1-2 bulan sebelum berbunga lebih baik daripada hujan yang terus menerus.
Kemudian intensitas cahaya matahari yang dibutuhkan durian adalah 60-80 persen. Sewaktu masih kecil(baru dtitanam di kebun), tanaman durian tidak tahan terik matahari di musim kemarau sehingga bibit durian harus dinaungi atau dilindungi supaya bertahan dan berkembang dengan baik.
Selanjutnya tanaman durian cocok pada suhu rata rata 20-30 derajat C. Nah, pada suhu 15 derajat C durian dapat tumbuh tetapi pertumbuhannya tidak optimal. Namun, sebaliknya, b…