Breaking

LightBlog

Senin, 27 Juli 2015

Manfaat Tanaman dan Buah Durian

Manfaat Tanaman dan Buah Durian

1.      Tanaman


Tanaman durian memiliki akar yang kuat yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah erosi atau banjir. Tanaman durian cocok ditanam di area miring dan batangnya bisa digunakan sebagai bahan bangunan atau perkakas rumah tangga. Kualitas kayu durian setara dengan kayu sengon sebab  kayunya cenderung lurus.

2.       Daging buah durian


Salah satu bagian utama dari buah durian adalah dagingnya atau buahnya. Secara umum, daging buah durian berwarna kuning atau putih kekuningan. Daging buah ini menyelimuti atau melindungi biji. Setiap ruang terisi oleh beberapa biji, biasanya berjumlah tiga.  Ketebalan daging buah biasanya beragam, tergantung varietas, tetapi pada kultivar unggul, atau jenis unggul bisa mencapai 3 cm.
Rasa dan aroma daging buah sangat dipengaruhi oleh kandungan gula, alcohol dan asam amino aromatic lainnya.
Selain rasanya yang lezat dan legit untuk dimakan, rupanya durian juga memiliki khasiat untuk meremajakan kulit. Buah beraroma kuat ini dapat mencegah dampak dari penuaan. Dengan dicampur bahan lainnya, durian mampu mengatasi tanda penuaan di area kelopak mata, seperti kerutan, garis halus, kendur serta lingkar hitam. Formula berbahan dasar durian juga sangat baik untuk memperbaiki tekstur kulit, mengatasi sel kulit mati, merangsang regenerasi kulit, serta meningkatkan fungsi kolage untuk kekencangan kulit.

Durian merupakan jenis buah yang kaya akan fitonutrient, yaitu omega 3 dan omega 6, fitosterol, polifenols, komponen organosulfur unik, protein dan triptofan. Sebagai salah satu buah asli nusantara, durian juga dikenal sebagai obat berbagai penyakit, antara lain obat anti malaria (dengan meminum perasan kulit buahnya), obat cacing, obat kuning (dengan merendam godongan daun durian), serta anti diabetes (diduga dapat meningkatkan kandungan insulin dalam darah).  Khasiat lainnya yang lebih menarik adalah sebagai afrodisiak. Diakui durian memiliki zat afrodisiak yang tinggi yaitu rumphius 1,741, Baillon 1.875.


Biji dan kulit durian bisa dinikmati sebagai makanan kecil. Cara memasaknya umumnya dengan cara direbus atau dibakar. Oleh karena kandungan patinya yang cukup tinggi, biji durian berpotensi sebagai alternative pengganti makanan. Pengolahannya dengan dibuat bubur dan biasanya dicampur dengan daging buahnya.    

Anda berminat budidaya durian? kami sedia bibit durian merah, durian bawor, durian menoreh, durian musangking dan bibit durian montong
bibit durian merah unggul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox